PERATURAN 99DESIGN YANG WAJIB DIKETAHUI

Halo sahabat kompi, sebelum membahas peraturan 99design, saya akan ceritakan sedikit pahitnya cerita gara-gara tidak baca peraturan yang berbahasa inggris TT.
Saya tahu 99d ini dari teman sekolah dulu, sedangkan dia tahu dari teman kuliahnya yang sudah sukses karena design. Otomatis saya percaya soalnya dia ngeliat sendiri temenya yang tiba2 nraktir karena dapat duit 10jt dari kontes logi di 99d. Singkat cerita saya ikutan daftar dan ikut masukin logo disana sini, asik juga, kala itu saya ikut lomba yang terbuka atau gak di “BLIND”, jd kita bisa liha postingan designer lain yang duluan post. Awalnya sih gak ada masalah, hingga ada orang yang niru konsep logo saya, saya tidak terima kan, langsung saya setorin design logo dengan jumlah yang membabi buta, dan biar cakep saya liat-liat di internet dan niru potongan gambar tersebut. Sampai akhirnya keesokan harinya saya buka lagi buat ngecek 99d, dan saya g bisa masuk, nah ada apa nih, pusing kan,, gak lama saya buka email, dan ada slh satunya email dari 99d yang subjeknya “You’ve been suspended”. Ternyata akun 99d saya kena block, jadi tidak bisa digunakan lagi. Akhirnya saya putuskan buat lagi, jangan menyerah, anggap itu sebagai pelajaran.
Saya akui 99design sangat ketat peraturanya, jangan pernah coba-coba menjiplak karya orang lain atau melanggar peraturan lainya. Sudah dulu curhatnya mari kita bahas apa saja peraturan di 99d.

Jika kita binggung mau ngapain dulu nih setelah akun kita jadi, klik https://99designs.com/user/getstarted supaya tahu harus apa saja. Mari kita terjemahin versi “mudeng” nya J
      1.       Buat Profil dengan mengupload avatar (foto) dan menulis biografi singkat.
      2.       Memahami peraturan-peraturan 99d (nanti kita bahas dibawah)
      3.       Mengikuti kontes, jangan lupa baca breafing nya
      4.       Menyerahkan / upload design pertamamu, nanti bisa di jadiin portopolio kita
Demikian 4 langkah awal memulai sepak terjang kita di 99d, selanjutnya seperti sudah saya katakan di poin 2, kita akan mengupas apa saja peraturan-peraturan di 99d. Klik https://support.99designs.com/hc/en-us/articles/204109559 untuk melihat peraturan dalam web aslinya. Langsung saja kita terjemahkan kembali ke versi mudeng :
      1.       Menghargai sebagai sesama komunitas 99design
99design berisi berbagai macam orang sehingga wajar jika terdapat beda pendapat, jika itu terjadi lakukanlah dengan tidak menghilangkan rasa menghargai/menghormati.
Jika melanggar peraturan maka akan mendapat hukuman penangguhan akun bahkan block akun.
      2.       Menghargai semua member
Saling menghargai adalah nomor satu, jangan melakukan tindakan negatif, agresif maupun ofensif kepada designer lain maupun klien.
jika anda ingin melaporkan tindakan diatas dapat menghubungi contacting support (LINK : https://support.99designs.com/hc/en-us/requests/new)

# Namun jangan sekali-sekali anda membuat laporan palsu, yang ada malah akun anda yang jadi tumbalnya.
      3.       Mengerjakan karya original
Jangan mengambil keseluruhan maupun sebagian gambar dari mana saja untuk dijadikan design anda.

#Inggat DIMANASAJA, copy paste haram disini
      4.       Jujur dan bersaing dengan adil
Jangan salah menggambarkan diri sendiri atau orang lain di depan umum atau secara pribadi. Jangan pernah mencoba untuk mempengaruhi klien dengan mengkritik perancang lain atau pekerjaan mereka, mengeluh kepada klien mengenai keputusan mereka, menawarkan untuk melakukan pekerjaan bebas dan tambahan di luar lingkup kontes, atau dengan mengajukan klien untuk membatalkan kontes mereka dan bekerja secara langsung dengan Anda sebagai gantinya.

Saya tidak akan:

·      Mengirim design yang saya salin secara total atau sebagian dari seseorang / tempat lain
·      Mengkritik atau menyerang perancang, klien atau stafdesain
·      Memiliki akun lebih dari satu
·      Terlibat dalam penipuan

Aku akan:

·      Menghormati komunitas dan kode etik
·      Hanya mengirimkan karya original
·      Menghubungi contacting support untuk melaporkan perilaku yang tidak pantas.


Demikian Pembahasan mengenai peraturan apa saja yang perlu diketahui saat mengikuti 99design. Semoga dapat bermanfaat. Assalamualaikum Wr Wb (fa@)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »