Cara Mengatur Jarak Baris pada Word 2010,2013,2016 (Tutor PART 2)


Melanjutkan pembahasan mengenai menu PARAGRAPH, sebelumnya kita membahas Cara Membuat Tulisan Rata Tengah, Kanan, Kiri, dan Rata Kanan Kiri (Tutot PART 1)kali ini kita akan membahas bagaimana cara mengatur renggang sempitnya antar baris suatu paragraf, jika anda berfikir untuk menggunakan ENTER, maka anda salah besar, pada artikel sebelumnya telah dijelaskan bahwa ENTER hanya boleh dipakai saat mengakhiri sebuah paragraf saja. Jadi........ mari simak pembahasan berikut.
Kita lihat kembali gambar berikut, kali ini fokus pada kotak warna birunya.

Line Spacing (kotak biru)
Pada kolom detal Spacing terdapat beberapa pilihan, namun ada tiga pilihan yang sering digunakan pada berbagai penulisan, yaitu :
Simbol (Gambar Kiri)
Nama
Shortcut
Fungsi
1
Single
Ctrl + 1
Membuat jarak antar baris sebesar 1
1,5
1,5 Lines
Ctrl + 5
Membuat jarak antar baris sebesar 1,5
2
Double
Ctrl + 2
Membuat jarak antar baris sebesar 2
Pada pengaturan detail (gambar kanan) bagian Spacing Terdapat kolom Before dan After, kegunaanya untuk memberi jarak sebelum paragraf (Before) dan memberi jarak setelah paragraf (After). Menu ini mempunyai kesamaan fungsi mengatur jarak antar baris, hanya saja Before dan After mengatur awal dan akhir baris pada sebuah paragraf. Sedangkan yang mengatur jarak bagian tengah paragrafnya ada pada menu Line Spacing (kotak biru).
Perhatikan gambar berikut untuk pilihan Line Spacing yang lebih banyak pada lingkaran merah, dan pengaturan before / after terdapat pada lingkaran hijau.


Terserah anda menggunakan cara yang mana, hasilnya akan sama saja. Perhatikan contoh berikut, saya hanya mencontohkan Line Spacing 1, 1,5, dan 2 saja  :
 
RANGKUMAN : Jika anda mengalami masalah atau ingin merubah jarak antar teks, maka anda dapat merubahnya pada dua bagian SPACING. Pertama LINE SPACING, kedua pada bagian BEFORE atau AFTER.
Sekian tutorial singkat PARAGRAPH bagian SPACING, semoga dapat bermanfaat. Jika ada yang kurang jelas silahkan bertanya di kolom komentar.

Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »