Cara Membuat Tulisan Rata Tengah, Kanan, Kiri, dan Rata Kanan Kiri pada Word 2010,2013,2016 (Tutor PART 1)


Hai sobat kompi, setelah kemarin kita membahas dasar-dasar Ms.Word di artiket Belajar word 2010,2013,2016 dariawal (PART 0). Sekarang kita masuk materi pertama yaitu PARAGRAPH. Pada pembahasan Paragraph kali ini kita tidak hanya membahas bagaimana cara membuat paragraf yang menjorok kedalam saja, yang dimaksud PARAGRAPH disini adalah salah satu nama menu pada Ms.Word. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar berikut


Pada gambar sisi kiri terdapat kotak merah, jika diklik maka akan muncul gambar kanan yang sebenarnya adalah pengaturan paragraph yang lebih mendetail.

Anda juga dapat melihat beberapa kotak warna warni yang berada pada gambar kanan dan kiri. Kotak tersebut menunjukan tiap warna yang sama sebenanya memiliki fungsi sama, hanya saja pada gambar kanan kita akan disuguhi dengan pilihan yang lebih detail.

Perlu diperhatikan bagaimana cara membuat sebuah paragraf, tekan ENTER hanya untuk mengakhiri sebuah paragraf saja, saya ulangi sekali lagi untuk penegasan, ENTER digunakan hanya saat mengakhiri sebuah paragraf (seperti tanda titik pada akhir kalimat). Jika kalimat atau teks sangat panjang sehingga melebihi lebar kertas, anda cukup abaikan saja, otomatis tulisan akan berpindah kebawah.

Alignment (kotak kuning)
Perhatikan kotak kuning, ada empat pilihan untuk mengatur jenis Alignment paragraf yang kita buat, perhatikan tabel berikut :


CARA :
1.       Blok atau seleksi atau cukup letakan kursor pada paragraf yang akan diatur
2.       HOME > pilih jenis alignmentnya
Untuk memperjelas pemahaman masalah alignment ini, silahkan lihat contoh berikut.

Sekian tutorial singkat PARAGRAPH bagian ALIGNMENTS, semoga dapat bermanfaat. Jika ada yang kurang jelas silahkan bertanya di kolom komentar.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »