Belajar word 2010,2013,2016 dari awal (PART 0)

Halo sahabat kompi, kali ini Saya akan memberikan tutorial Word secara lengkap, dari nol hingga bisa mengolah file dengan sedemikian rupa. Jadi Saya sarankan untuk mengikutinya secara berurutan agar dapa lebih mudah memahaminya. Seluruh materi Ms.Word yang saya buat 100% GRATIS untuk pengetahuan anda maupun sebagai pemecah masalah yang sedang anda alami, dan semua materi saya buat sendiri (bukan copas), jadi jika anda inggin menjadikan materi-materi Saya untuk kepentingan komersil, mohon dengan kebaikan hati anda untuk memberikan donasi guna kemajuan blog ini. J

Artikel ini Saya beri judul PART 0 karena kita belom membahas materi-materi intinya, mari kita mulai jurus Word ini dari kenalan dulu :p

ü  PENGENALAN MS.WORD
Microsoft Word atau Ms.Word merupakan salah satu aplikasi dari Microsoft Office yang kegunaan utamnaya adalah sebagai penggolah teks. Namun bukan berarti hanya teks saja, pada aplikasi ini juga memiliki fitur menyisipkan gambar, membuat diagram, menampilkan berbagai simbol yang tidak tersedia dapa keyboard dan lain-lain.
ü  MENJALANKAN MS.WORD
1.       Klik Start atau tekan ÿ pada keyboad
2.       Cari Icon Ms.Word
Ms.Word terus diperbaharui dari pihak Microsoft sehingga hampir dapat dikatakan akan muncul versi baru tiap beberapa tahun. Sehingga icon atau logo nyapun dapat berubah-ubah namun tidak begitu signifikan sehingga kita masih dapat mengenalinya.

Icon Beberapa Aplikasi Microsoft Office 2010
Icon Beberapa Aplikasi Microsoft Office 2013
Icon Ms.Office biasanya berwarna biru dan terdapat huruf “W”
ü  MASUK KE LEMBAR KERJA MS.WORD
Pilih Blank Document jika anda ingin membuka lembar baru yang polos, namun kita dapat memilih lembar lain yang telah disediakan dengan berbagai macam tema.

Jika anda ingin membuka file yang telah tersimpan maka klik Open Other Documents pada sisi kiri bawah.

ü  MENGENAL FUNGSI DASAR
·         Perbedaan Backspace dan Del (Delete)
Pada garis besarnya keduanya sama-sama memiliki fungsi menghaput teks. Perbedaanya adalah Backspace akan menghapus teks yang berada di sebelah kiri kursor, sedangkan delete (del) menghapus bagian kanan kursor.
CONTOH :
Pada contoh diatas, kursor berada diantara B dan C. Jika Backspace di tekan maka huruf B yang akan terhapus, sedangkan Del akan menghapus huruf C.

·         Tombol Shift
Pada beberapa tombol keyboard memiliki dua karakter pada satu tombol seperti :
  Pada gambar terdapat angka pada bagian bawah dan simbol di bagian atas. Jika anda ingin menulis angka 1 maka cukup tekan tombolnya seperti biasa, Namun jika tanda seru “!” anda harus menekan dan menahan Shift lalu menekan angka 1.
·         Tombol Caps Lock
Tombol ini berfungsi merubah huruf kecil ke huruf kapital, dan sebaliknya.
·         Memblok teks
Menggunakan mouse : Arahkan kursor dengan mouse pada awal teks yang akan diblok lalu tekan dan takan tombol kiri mouse lalu seret hingga akhir teks yang ingin di seleksi.
Menggunakan keyboard : Letakan kursor pada awal teks yang ingin diblok, lalu tekan dan tahan Shift, gerakkan kursor dengan arah panah pada keyboard.
·         Perbedaan Space dan Tab
Space    : Memberi jarak (ruang kosong / huruf kosong) antar teks sebanyak satu huruf.
Tab         : Memberi jarak antar teks sebanyak yang ditentukan, bersifat sejajar. Biasanya digunakan untuk memberi jarak sebelum :  pada pemulisan biodata dan sejenisnya.
·         Gunakan Shortcut
Shortcut adalah kombinasi tombol pada keyboard dan atau mouse yang memiliki fungsi tersendiri dengan tujuan mempermudah pengguna (kita). Salah satu contoh Shortcut yang cukup sering kita gunakan adalah Ctrl + C untuk fungsi Copy.
Kami akan memberikan Shortcut secara bertahap pada materi latihan yang berhubungan.
·         Menampilkan pengaturan lebih detail
Menu pengaturan Font (contoh pada gambar) yang lebih detail akan muncul ketika tanda panah yang dilingkari merah di klik.

·         Menampilkan pilihan lain

Jika pada suatu menu terdapat segitiga kecil terbalik pada sisi kanan maupun di bawah berarti menu tersebut menyediakan pilihan lain. Contoh seperti gambar
         

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »